Demand Dalam Pelayanan Kesehatan


Apa itu demand (permintaan)?

Demand adalah keinginan yang disertai dengan daya beli.
Demand atau permintaan adalah keinginan terhadap produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membeli (Kotler dan Andersen, 1995)

Permintaan (demand) pelayanan kesehatan adalah Pelayanan yang sesungguhnya dibeli oleh customer pelayanan kesehatan, dalam hal ini adalah pasien.

Model dari Cooper Posnett (1988) dalam Palutturi (2005), Permintaan (demand) pelayanan kesehatan merupakan keinginan untuk lebih sehat diwujudkan dalam perilaku mencari pertolongan tenaga kedokteran.

Dari gambar di atas dapat diartikan :

  1. Demand yang benar seharusnya merupakan bagian dari need.
  2. Secara konseptual, need akan pelayanan kesehatan dapat berwujud suatu gunung es yang hanya sedikit puncaknya terlihat sebagai demand.
  3. Pelayanan Kesehatan harus berusaha membuat agar batas air menjadi serendah mungkin

Pendekatan Dalam Demand Pelayanan Kesehatan

Agency Relationship (Supplier-Induced Demand) oleh Rice (1998)
Peranan pasien sangat kecil dibandingkan pada ahli kesehatan/dokter dalam membentuk permintaan terhadap pelayanan kesehatan

Investment Model Grossman (1972)
Pasien cukup memiliki informasi dan kebebasan dalam menentukan permintaannya

Dapat disimpulkan bahwa permintaan (demand) pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasien yang disertai juga dengan daya beli yang dimiliki oleh pasien tersebut.

Faktor yang dapat mempengaruhi demand akan dibahas di artikel selanjutnya.

Diolah dari berbagai sumber oleh Kelompok 1 MPK 2016 Mata Kuliah Ekonomi Kesehatan

Previous
Next Post »