Kompetensi Seorang Manajer

Dalam tulisan sebelumnya, telah kita bahas tingkatan manajer dalam sebuah organisasi. Berikut ini merupakan bahasan tentang kompetensi yang harus dimiliki seorang manajer supaya dapat mengelola organisasi dengan baik dan mencapai tujuan organisasi.
Manjerial Skill
(Image Source : https://www.pexels.com/photo/box-business-celebrate-celebration-296878/)
Henri Fayol mengidentifikasi tiga macam kompetensi atau keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang manajer, yaitu keterampilan konseptual (conseptual skill), hubungan interpersonal (human relations skill) dan teknis (technical skill). Penjelasannya adalah sebagai berikut :
1.      Konseptual Skill (Conseptual Skill)
Keterampilan konseptual adalah kemampuan seorang manajer untuk melihat organisasi secara keseluruhan, sebagai entitas lengkap. Termasuk dalam unit organisasi bekerja sama dan bagaimana organisasi cocok dengan lingkungan kompetitif. Keterampilan konseptual sangat penting untuk manajer puncak, yang memiliki kemampuan untuk melihat "gambaran besar" yang akan berdampak besar terhadap keberhasilan bisnis. Namun, keterampilan konseptual masih diperlukan untuk manajer menengah dan manajer lini pertama. Mereka harus menggunakan keterampilan ini untuk membayangkan, misalnya, bagaimana pekerjaan unit dan tim yang terbaik terorganisir.
2.      Kemampuan Hubungan Interpersonal (Human Relations Skill)
Keterampilan interpersonal melibatkan hubungan manusia, atau kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasi. Keterampilan ini termasuk didalamnya adalah kemampuan untuk bekerja sama, memahami dan memotivasi orang lain sebagai individu atau dalam kelompok.
3.       Kemampuan Tekhnik (Technical Skill)
Keterampilan teknis adalah kemampuan manusia untuk menggunakan prosedur, teknik, dan pengetahuan mengenai bidang khusus.Keterampilan teknis yang digunakan akan berbeda dalam setiap tingkat manajemen. Manajer lini pertama terlibat dalam operasi aktual organisasi, mereka perlu memiliki pemahaman tentang bagaimana produksi dan jasa terjadi dalam organisasi untuk mengarahkan dan mengevaluasi karyawan.
Seorang manajer lini pertama memerlukan keterampilan dalam penjadwalan kerja dan menyiapkan dana. Manajer menengah menggunakan keterampilan yang lebih teknis terkait dengan perencanaan dan pengorganisasian, dan manajer puncak harus memiliki keterampilan untuk memahami cara kerja keuangan organisasi yang kompleks.
Previous
Next Post »