Your PC ran into a problem. Solved!!!

Komputer saya rakitan tahun 2013 spesifikasinya :
Mainboard :  MSI 970A-G43
Processor :  AMD X2 270 Athlon II 3.4Ghz,2x1Mb
Chipset :  AMD® 970+SB950
Video Card: :  Digital Alliance GeForce GTX 560 Ti Sonic - 1 GB DDR5 256 bit
Memory :  4 GB DDR3-1333 Team Group Inc.
Hard Drive: :  WDC 1.0 TB 7200 rpm SATA
Operating System:  Windows 7

Saya seorang pekerja yang suka maen game. Game yang sering saya mainkan yaitu DOTA 2, Point Blank dan Football Manager. Sejak awal tahun 2016, komputer saya mati total dikarenakan kerusakan mainboard (kayaknya karena terkena efek petir pas mati lampu). Akhirnya mainboard saya titipkan ke teman yang ada di surabaya untuk dibawa ke service centre resmi MSI di Hitech Mall Surabaya. Setelah menunggu sebulan akhirnya mainboard saya kembali dan bisa digunakan kembali. Namun ketika saya pakai buat main game DOTA 2 selalu error kembali ke dekstop dengan keterangan Nvidia windows kernel mode driver 335.23 stopped responding bahkan kadang sempat bluescreen. Sempat mencari solusi di berbagai forum, mulai dari instal ulang windows hingga instal ulang driver VGA sudah dilakukan tetapi tetap muncul masalah itu.
Sekitar bulan Agustus 2016 akhirnya komputer saya mati total. Saya kembali membawa mainboard saya ke tempat service dan setelah di cek ternyata tidak bisa diperbaiki karena kerusakan chipset. Dan akhirnya komputer saya mangkrak sampai awal tahun 2017.

Baru bulan kemarin akhirnya saya memutuskan untuk membeli motherboard baru dengan merk yang sama yaitu MSI 760GMA-P34 (FX). Saya ambil motherboard ini karena support untuk procie saya dan harganya lumayan miring untuk kantong saya. Setelah terpasang semua, akhirnya komputer saya berjalan normal. Komputer saya install ulang dengan dan menginstal seluruh driver yang terbaru. Awalnya komputer berjalan normal untuk kegiatan ringan seperti mengetik, browsing, lihat film dan lain-lain. Tetapi ketika dipakai main game DOTA 2 ternyata masalah Nvidia windows kernel mode driver 335.23 stopped responding tetap muncul. Dan bahkan sekarang langsung muncul tulisan kayak gini.



Saya sudah konsultasi dengan berbagai pihak yang tak ingin disebut namanya. Tapi solusi nya sama dengan yang pernah saya lakukan dulu. Saya sempat egois dengan bilang ke teman-teman kalo VGA saya kondisi masih bagus dan lumayan keren (dulu), kalau sekarang VGA udah tambah keren-keren. Sempat baca juga katanya Si Merah (ATI) gak akur sama si Hijau (Nvidia). Saya pikir-pikir mainboard saya chipsetnya ATI dan VGA saya Nvidia. Akhirnya saya berpikir simple, karena mainboard saya yang sekarang dilengkapi dengan VGA onboard ATI Radeon 3000, maka VGA Card saya lepas dan memakai VGA on board. 

Setelah update driver, saya coba running DOTA 2 dengan setting display pada level low. Dan. waalaaaaa.... saya bisa maen game dengan lancar (walau gambar gak sebagus dulu). Begitu juga untuk main Point Blank juga lancar. Kesimpulannya ada 2 kemungkinan, 
  1. karena VGA card saya memang sudah agak error
  2. karena si  hijau gak akur sama si merah.
Semoga bisa menjadi bahan bacaan bagi teman-teman yang mengalami nasib sama. 
Previous
Next Post »