Cara Upload Foto/Video di Instagram Lewat Laptop/PC

Istri saya memulai bisnis onlinenya dan mulai merambah pada penggunaan instagram sebagai media promosinya. Dia sempat tanya bagaimana cara upload foto di intagram lewat laptop. Karena pas log in di instagram tidak ada menu atau opsi untuk upload foto. Setelah browsing sana sini akhirnya ketemu cara upload foto di instagram versi website via laptop/pc. Sebenarnya cara ini sudah lama namun tidak ada salahnya saya share artikel ini. Berikut adalah langkah-langkah upload foto atau video di instagram versi web lewat laptop/pc.

1. Download aplikasi Gramblr v2.8.1 di link berikut. Gramblr merupakan aplikasi freeware jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Aplikasi ini bisa diinstal ke OS windows ataupun OS Mac


Apabila sudah terdownload, silahkan instal Gramblr v2.8.1 tersebut. Beberapa komputer dengan smadav sering crash dengan aplikasi ini, jadi sebaiknya silahkan keluarkan dulu smadav kemudian instal Gramblr v2.8.1 tersebut. Ketika instalasi selesai, maka otomatis akan muncul jendela aplikasi seperti di bawah ini. 


Silahkan sign up terlebih dahulu ke dalam Gramblr dengan cara memasukkan email dan password untuk gramblr dan sekaligus username dan password instagram anda untuk masuk ke dalam instragram.

2. Kemudian anda akan masuk dalam sebuah jendela aplikasi yang secara garis besar dibagi menjadi 2 sisi yaitu horizontal dan vertikal. Untuk memulai mengupload gambar silahkan lihat menu select your media kemudian klik opsi "drag and drop an image or video or click here to start".
Anda bisa meng klik opsi itu dan silahkan memilih foto / video yang akan diupload. Anda juga bisa menarik foto / video dari windows explorer.


3. Setelah anda memilih gambar maka otomatis akan masuk pada menu crop and shape. Disini anda bisa memotong dan membentuk ulang ukuran foto yang akan diupload ke instagram anda. Caranya silahkan klik tahan dan geser sehingga membentuk persegi panjang. Kemudian anda klik opsi "any", "4:3" atau "1:1" yang ada di bagian bawah sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Kemudian klik save.



4. Pada langkah ini anda akan diberikan kesempatan untuk mengedit foto /video menggunakan filters dan motion yang tersedia. Caranya silahkan anda klik filters atau motions.



Ketika anda klik filters maka akan muncul pop up window baru yang berisi banyak opsi filter untuk foto / video anda seperti effects, frames, stickers, color, draw, text, dan lain lain. Apabila foto / video anda sudah sesuai dengan kemauan anda silahkan klik save dan anda akan diarahkan kembali kepada menu sebelumnya. Klik save untuk melanjutkan.



5. Langkah ini merupakan langkah terakhir sebelum anda mengupload foto / video anda ke instagram. Disini anda bisa menulis caption atau judul dari foto/video anda, anda juga bisa memilih untuk langsung mengupload atau menjadwal upload foto/video anda.
Jangan lupa men tag temen anda untuk berbagi pengalaman atau cerita melalui foto / video anda pada opsi "tag a user and click the image". Langsung ketik saja username instagram teman anda dan otomatis akan muncul disitu kemudian klik bagian image dari foto / video anda. Apabila semua sudah siap maka anda tinggal klik opsi send dan tunggu beberapa saat.



7. Dan walaaa....apabila anda berhasil maka akan ada keterangan Upload complete. Selama menggunakan aplikasi ini kami belum menemui kendala dalam melakukan upload foto/video. Mudah sekali kan, dan apabila anda seorang pengusaha online atau istilahnya olshop maka software ini akan sangat memudahkan anda dalam menjalankan bisnis online anda. 


Previous
Next Post »