Fungsi dan Penulisan Bibliography di Microsoft Office

Dalam sebuah penulisan naskah ilmiah formal, kita pasti menggunakan berbagai sumber baik buku maupun jurnal sebagai bahan penulisan. Tentunya kita harus selalu menuliskan sumber buku maupun jurnal dalam daftar pustaka. Microsoft office 2007 keatas sebenarnya sudah menyediakan sebuah alat untuk menuliskan daftar pustaka dan penulisan kutipan yang terstandard yaitu bibliography.

Nampak dalam gambar di atas bibliography terletak di dalam references. Dalam bibliography terdapat menu insert citation, manage sources, style dan bibliography. Bagi temen-temen yang masih menuliskan daftar pustaka manual, maka menu ini akan memudahkan anda dalam menuliskan daftar pustaka yang benar.

1. Manage Sources

Pada menu ini, anda diwajibkan untuk mengisikan daftar buku/jurnal/website dan sebagainya yang anda gunakan dalam penulisan naskah ilmiah. Apabila anda ingin memasukkan sebuah sumber buku maka klik new dan akan muncul jendela baru seperti berikut.



Pada menu create source anda bisa memilih jenis sumber daftar pustaka seperti buku, jurnal atau website pada pilihan type of source. Kemudian anda wajib mengisi kotak isian di atas terutama yang bertanda bintang merah karena itu wajib untuk diisi.

Seperti contoh di bawah sudah tertera sumber buku atau jurnal yang digunakan dalam penulisan naskah ilmiah. Apabila anda ingin memakai sumber buku tersebut dalam daftar pustaka anda, maka anda tinggal memilih sumber buku di sebelah kiri dan meng klik copy untuk memindahkan ke dalam kotak current list.

Setelah anda menentukan semua sumber daftar pustaka yang akan anda masukkan dalam naskah anda maka tekan close.

2. Style

Di menu style terdapat gaya penulisan bibliography yang sering digunakan dalam naskah ilmiah formal internasional. Kita akan mencoba menambahkan style harvard anglia. Style ini sering digunakan dalam penulisan naskah formal, namun belum masuk dalam list microsoft office sehingga kita harus menginputnya secara manual. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Download style Harvard Anglia di Bibword
  • Extrak file tersebut dalam sebuah folder kemudian pilih style HarvardAnglia di antara beberapa style yang ada di folder tersebut.
  • Copy file HarvardAnglia kemudian buka system dimana anda menginstal microsoft office seperti contoh berikut C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office14\Bibliography\Style
  • Paste file tersebut ke dalam folder Style dan tutup windows explorer anda.
  • Buka microsoft office anda dan silahkan di cek pada menu reference - style maka style HarvardAnglia sudah masuk dalam list tersebut dan bisa digunakan.
Setelah style HarvardAnglia sudah ada dalam list, maka pilih style tersebut dengan mengklik style dan pilih HarvardAnglia.

3. Bibliography

Langkah selanjutnya adalah mengklik bibliography seperti contoh berikut



Maka hasilnya adalah sebagai berikut, anda tinggal mengganti tulisan bibliography menjadi daftar pustaka apabila naskah anda menggunakan bahasa Indonesia.


Previous
Next Post »