Ikan Buntal atau Ikan Buntek, Berbahaya dan Mematikan


Ikan buntek atau ikan buntal adalah salah satu jenis ikan laut yang dipercayai sebagai vertebrata paling beracun di dunia setelah Katak Racun Emas. Ikan buntal memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah, di Indonesia sering dikenal dengan nama ikan buntek. Tubuh ikan buntal  dapat mengembang seperti balon dan mengeluarkan duri tajam, hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari mangsa yang akan mengganggunya. Selain itu, ikan buntal ini juga memiliki racun yang terkandung di dalam tubuhnya. Spesies ini umumnya dapat tumbuh hingga memiliki panjang 8-14 inci (20-35 cm), mencapai maksimum 20 inci (50 cm) dan penyebaran ikan ini adalah di perairan tropis seluruh dunia.

Racun yang terkadung dalam ikan buntal adalah jenis Tetrodotoxin (TTX). Berdasarkan beberapa penelitian yang salah satunya dilakukan oleh National University Of Singapore mengungkapkan bahwa racun tetrodotoxin yang ada pada ikan buntal memiliki kekuatan 20 kali lebih mematikan daripada sianida. 2 mg Tetrodotoxin merupakan dosis yang cukup lethal (mematikan) bagi manusia. Racun ini sangat mematikan dan bereaksi sangat cepat antara setengah jam hingga 3 jam setelah mengkonsumsi racun dari ikan buntal. Selain di kulitnya, Racun tetrodotoxin pada ikan buntal banyak terkandung di dalam organ dalamnya seperti hati dan telurnya. Racun tetrodotoxin ada di dalam tubuh ikan buntal karena ikan ini memakan hewan lain yang mengadung bakteri tetrodotoxin laden dan seiring waktu tubuh ikan buntal membuat kekebalan tubuhnya terhadap racun tetrodotoxin.

Gejala awal keracunan ditandai dengan rasa mual, pusing, muntah-muntah, kesemutan pada tangan dan kaki. Racun ini menghalangi aliran sodium dalam tubuh hewan atau manusia yang memakannya, melumpuhkan otot sementara korban masih dalam keadaan sadar. Korban tidak bisa bernapas dan akhirnya bisa meninggal dalam keadaan asphyxiation (darah dalam tubuh kekurangan pasokan oksigen). Sampai sekarang belum ditemukan antidot dari racun ini, perawatan standar untuk menolong korban keracunan ini adalah membantu sistem respirasi dan sirkulasi sampai racun dimetabolisme dan dikeluaran oleh tubuh korban.

Penanganan yang bisa dilakukan apabila ada kerabat atau tetangga yang terkena racun ikan buntal adalah segera bawa korban ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Penanganan pertama biasanya adalah kumbah lambuh untuk mencegah masuknya racun ke bagian tubuh lain. Penanganan ini harus dilakukan sebelum 30 menit pertama setelah korban memakan masakan ikan buntal yang terpapar racun. Pada beberapa kasus tertentu, racun ikan buntal ini pun masih dapat bereaksi hingga 6 jam setelah kumbah lambung apabila proses kumbah lambungnya terlambat.


Ikan Fugu (Sumber Gambar : id.wikipedia.org)
Di Jepang, ikan buntal dikenal dengan istilah fugu. Sudah ada peternakan fugu non toxic dimana fugu yang diternakkan dijauhkan dari hewan-hewan yang mengandung bakteri tetrodotoxin laden. Sehingga fugu yang diternak tidak mengandung toxin. Namun tetap dalam pengolahannya harus dilakukan oleh koki-koki handal yang memiliki sertifikat dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang. Sejak tahun 1958, koki Fugu harus mendapatkan lisensi untuk mempersiapkan dan menjual Fugu untuk umum, diperlukan pelatihan 2-3 tahun. Proses ujian lisensi terdiri dari uji tertulis, uji identifikasi ikan dan uji praktik; mempersiapkan dan memakan ikan. Hanya 35 % pelamar yang lulus. Kesalahan kecil menyebabkan kegagalan atau, jarang, kematian. Konsumen percaya bahwa proses pelatihan ini membuat memakan Fugu di restoran atau pasar aman. Secara komersial Fugu diternakkan di lingkungan yang menyebabkan ikan tidak terlalu beracun. Mulai tahun 2012, restoran di Jepang dapat menjual Fugu dalam bungkusan yang telah diolah oleh pelaksana yang telah berlisensi.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
2 March 2018 at 18:03 ×

siapa bilang dengan modal kecil tidak bisa menang banyak?
Dengan modal Rp20.000,
Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
Hanya di Sinidomino. com
Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
-Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )
dewa poker

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar