Dalam tulisan
sebelumnya, telah kita bahas tingkatan manajer dalam sebuah organisasi. Berikut
ini merupakan bahasan tentang kompetensi yang harus dimiliki seorang manajer
supaya dapat mengelola organisasi dengan baik dan mencapai tujuan organisasi.
Manjerial Skill (Image Source : https://www.pexels.com/photo/box-business-celebrate-celebration-296878/) |
Henri Fayol
mengidentifikasi tiga macam kompetensi atau keterampilan dasar yang harus
dimiliki oleh seorang manajer, yaitu keterampilan konseptual (conseptual skill), hubungan
interpersonal (human relations skill)
dan teknis (technical skill). Penjelasannya
adalah sebagai berikut :
1.
Konseptual Skill
(Conseptual Skill)
Keterampilan konseptual adalah kemampuan
seorang manajer untuk melihat organisasi secara keseluruhan, sebagai entitas
lengkap. Termasuk dalam unit organisasi bekerja sama dan bagaimana organisasi
cocok dengan lingkungan kompetitif. Keterampilan
konseptual sangat penting untuk manajer puncak, yang memiliki kemampuan untuk
melihat "gambaran besar" yang akan berdampak besar terhadap keberhasilan bisnis. Namun, keterampilan konseptual masih
diperlukan untuk manajer menengah dan manajer lini pertama. Mereka harus
menggunakan keterampilan ini untuk membayangkan, misalnya, bagaimana pekerjaan
unit dan tim yang terbaik terorganisir.
2.
Kemampuan
Hubungan Interpersonal (Human Relations
Skill)
Keterampilan interpersonal melibatkan hubungan
manusia, atau kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasi.
Keterampilan ini termasuk didalamnya adalah kemampuan untuk bekerja sama,
memahami dan memotivasi orang lain sebagai individu atau dalam kelompok.
3.
Kemampuan Tekhnik
(Technical Skill)
Keterampilan teknis adalah kemampuan manusia
untuk menggunakan prosedur, teknik, dan pengetahuan mengenai bidang
khusus.Keterampilan teknis yang digunakan akan berbeda dalam setiap tingkat manajemen.
Manajer lini pertama terlibat dalam
operasi aktual organisasi, mereka perlu memiliki
pemahaman tentang bagaimana produksi dan jasa terjadi dalam organisasi
untuk mengarahkan dan mengevaluasi
karyawan.
Seorang manajer lini pertama memerlukan keterampilan
dalam penjadwalan kerja dan menyiapkan dana. Manajer
menengah menggunakan keterampilan
yang lebih teknis terkait dengan perencanaan dan
pengorganisasian, dan manajer puncak harus memiliki keterampilan untuk memahami cara kerja keuangan organisasi
yang kompleks.
ConversionConversion EmoticonEmoticon