Manajer adalah anggota organisasi yang
bertanggung jawab atas anggota organisasi lainnya dan memiliki kewenangan
formal untuk menggunakan sumber daya organisasi serta membuat keputusan. Dalam sebuah organisasi, manajer
dibedakan menjadi beberapa tingkatan berdasarkan peran, fungsi dan tugas
manajer.
Manajerial (Image Source : https://www.pexels.com/photo/businesswomen-businesswoman-interview-meeting-70292/) |
Dalam sebuah organisasi ataupun
perusahaan tingkatan manajer ini hanya ada tiga, yakni :
1.
Manajer Puncak (Top Manager)
Manajemen
ini merupakan puncak atau tingkatan tertinggi dari sebuah organisasi. Biasanya
terdiri dari kelompok yang relatif sedikit. Manajer puncak bertanggung jawab
untuk menjalankan manajemen keseluruhan dari sebuah organisasi yang berwenang
untuk menetapkan kebijakan operasional dan pedoman interaksi organisasi dengan
lingkungan, serta menetapkan tujuan organisasinya. Manajer puncak juga
bertanggung jawab membentuk budaya perusahaan, dan menjaga semangat
kewirausahaan yang dapat membantu perusahaan dalam menghadapi perubahan
lingkungan eksternal yang dinamis.
2.
Manajer Menengah (Middle Manager)
Manajer
menengah adalah mereka yang berada di tingkat bawah manajer puncak. Jabatan manajer tengah seperti manajer umum, manajer
pabrik, manajer regional, dan manajer divisi. Manajer menengah bertanggung jawab dalam mengimplementasikan
tujuan yang ditetapkan oleh manajemen puncak. Mereka melakukannya dengan menetapkan
tujuan untuk departemen dan unit bisnis lainnya.
Manajer
menengah dapat memotivasi dan membantu manajer lini pertama untuk mencapai
tujuan bisnis. Manajer menengah
juga dapat berkomunikasi keatas, dengan menawarkan saran dan umpan balik kepada
manajer puncak. Manajer menengah
lebih terlibat dalam operasional kerja harian perusahaan, mereka dapat
memberikan informasi berharga untuk manajer puncak untuk membantu meningkatkan bottom line organisasi.
Manajer
menengah diharapkan dapat membina hubungan baik dengan sesama manajer dalam
organisasi, mendorong kerja tim dan menyelesaikan konflik.
3.
Manajer lini pertama atau supervisory manager (First
Line Manager)
Manajer
lini pertama merupakan tingkatan manajer paling rendah, dimana manajer lini
pertama ini bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain yang menghasilkan
produk atau jasa. Manajer lini pertama ini adalah mereka yang menduduki jabatan
seperti manajer kantor, supervisor
shift, manajer departemen, pemimpin crew,
manajer toko.
Dalam
sebuah organisasi selalu ada manajer lini pertama. Meskipun manajer lini
pertama tidak membuat suatu keputusan, mereka memiliki pengaruh yang sangat
kuat pada perusahaan. Hal ini
dikarenakan manajer lini pertama setiap harinya berinteraksi dengan karyawan dan sebagian kecil dengan
konsumen.
ConversionConversion EmoticonEmoticon