Dalam
melaksanakan penentuan prioritas masalah dengan metode USG persiapan yang perlu
dilakukan antara lain :
1. Pembagian
tugas
Pembagian pekerjaan
atau gugus tugas perlu dilaksanakan sebelum pertemuan dimulai, dimana
ditentukan siapa yang akan menjadi pimpinan proses USG, siapa yang melakukan
tugas sebagai notulis, dan orang yang menulis di flipchart, siapa yang
melakukan scoring dan menghitung hasilnya untuk menetukan ranking, serta siapa
yang membacakan hasilnya. Susunan petugas untuk metode teknik scoring dengan
metode USG, yakni sebagai berikut :
a. Pimpinan
USG
b. Petugas
pencatat flipchart
c. Petugas
scoring dan ranking
d. Personil
yang bertugas sebagai notulis
e. Persiapan
ruang pertemuan
Ruang
pertemuan yang akan digunakan sebaiknya menggunakan ruangan yang cukup luas dan
nyaman. Meja dan tempat duduk diatur setengah lingkaran atau seperti huru f U
yang terbuka ujungnya atau meja bundar (Round table), dimana pada ujung meja
yang terbuka ditempatkan flipchart atau papan tulis atau white board.
2. Persiapan
peralatan atau sarana
Sarana atau
perlatan yang diperlukan dalam proses kegiatan ini adalah:
a. Daftar
hadir
b. Kertas
flipchart, papan tulis atau whiteboard lengkap dengan alat tulisnya.
c. Alat
tulis dimasing-masing meja.
d. Laptop
disertai excel form USG atau kalkulator
3. Peserta
Sebelum
melakukan pemilihan atau seleksi untuk peserta, beberapa hal yang perlu
dijelaskan oleh pimpinan atau yang akan memimpin pelaksanaan metode USG, yaitu:
a. Peserta
yang akan bergabung dalam kelompok USG, adalah karena kemampuan mereka untuk
melakukan analisis dan mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah.
b. Menekankan
pentingnya tugas kelompok.
c. Menekankan
pentingnya sumbangan pikiran setiap peserta
d. Memberikan
petunjuk kegunaan hasil pertemuan
e. Memberikan
sambutan yang bersifat hangat dan ramah, selanjutnya tentukan siapa yang akan
diundang atau dilibatkan dalam pertemuan untuk melakukan proses metode USG.
f. Jumlah
peserta berkisar antara 7-10 peserta.
2. Data
yang Dibutuhkan
Data
atau informasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan metode USG, yakni sebagai berikut:
a. Hasil
identifikasi masalah dan analisis masalah.
b. Informasi
tentang sumber daya yang dimiliki.
c. Dokumen-dokumen
tentang perundang-undangan, peraturan, serta kebijakan pemerintah yang berlaku.
Image credit : www.shutterstock.com |
3. Proses
Dinamika Kelompok
Sebelum
memasuki proses atau langkah inti pada pelaksanaan metode USG, pimpinan
kelompok metode USG memberikan sambutan dalam bentuk kata pengantar, yang
berisi:
a. Ucapan
selamat datang pada peserta USG
b. Penjelasan
tentang teknik non skoring, proses, terutama menyangkut jalannya proses, dengan
menekankan pada pentingnya untuk menciptakan suasana kerjasama, saling
pengertian dan kesatuan pandangan dari setiap peserta dalam melaksanakan setiap
tahapan proses.
c. Tujuan
pertemuan diadakan, yakni berorientasi pada masalah dan pemecahan masalah.
Beberapa contoh untuk kriteria
dampak pelayanan adalah tingkat kepentingan (urgency), tingkat kegawatan
(seriousness), tingkat perkembangan (growth), serta pengaruhnya terhadap
kesehatan masyarakat. Contoh matriks pemecahan masalah dengan metode USG
(urgency, seriousness, growth).
No
|
Masalah
|
U
|
S
|
G
|
Total
|
1.
|
Masalah A
|
5
|
3
|
3
|
11
|
2.
|
Masalah B
|
4
|
4
|
4
|
12
|
3.
|
Masalah B
|
3
|
5
|
5
|
13
|
Keterangan : berdasarkan skala likert 1-5 (5=sangat
besar, 4=besar, 3=sedang, 2=kecil, 1=sangat kecil). Atas dasar contoh tersebut maka isu yang merupakan
prioritas adalah Isu C.
Studi Kasus
dan Simulasi Microsoft Excel
1. Gambaran Umum Institusi
Puskesmas
Highland merupakan salah satu puskesmas yang berada di wilayah perbatasan
Kabupaten Dreamland. Berjarak ±50 km dari pusat pemerintahan Kabupaten
Dreamland. Luas wilayah Puskesmas Highland adalah 42,76 km2 dengan
ketinggian 500 – 700 m dari permukaan laut. Wilayah kerja Puskesmas Highland
terdiri dari 6 desa.
a.
Ketenagaan
Untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari Puskesmas Highland
memberdayakan tenaga sebanyak 26
orang dengan spesifikasi pendidikan sebagai berikut :
ü Dokter
Umum : 1 orang
ü Dokter
gigi : 1
orang
ü D3
Keperawatan : 6 orang
ü Bidan : 8 orang
ü Perawat : 0 orang
ü SPAG : 1
orang
ü Analis
Lab : 1
orang
ü Jurim :
1 orang
ü Sopir : 1
orang
ü Tenaga
Honorer : 7 orang
b.
Sarana pelayanan
kesehatan
Sarana dan prasarana
yang ada di puskesmas Highland :
ü Gedung
Kantor : 1 unit
ü Gedung
UGD : 1 unit
ü Gedung
Rawat Jalan : 1 unit
ü Gedung
Rawat Inap : 1 unit (18 TT)
ü Puskesmas
Pembantu : 3 buah
ü Polindes : 2 buah
ü Rumah
Dinas : 1 unit
ü Incenerator : 1 unit
ü Kendaraan
Pusling : 2 unit
ü Kendaraan
Roda 2 : 6 buah
ü Dental
Unit : 1
unit
c.
UKBM yang
ada di wilayah kerja puskesmas Highland
ü Posyandu : 43 buah
ü Kader
Posyandu : 174
orang
ü UKS : 35
buah
ü Guru
UKS : 35
orang
ü Posyandu
Usila : 6 buah
d.
Sarana transportasi
Sarana transportasi yang digunakan untuk
operasional kegiatan berupa mobil pusling dan kendaraan roda dua.
e.
Sumber dana kegiatan
Sumber dana untuk kegiatan Puskesmas
berasal dari APBD II berupa DOP Puskesmas Highland dan dari dana APBN berupa
BOK.
f.
Hasil
identifikasi masalah melalui kegiatan mini lokakarya adalah sebagai berikut
1)
Kasus diare
meningkat dari bulan sebelumnya yaitu 15% atau sebesar 30 kasus lebih banyak dari
bulan sebelumnya.
2)
Peningkatan
kasus DB Positif dalam 2 minggu terakhir dengan kenaikan 100% dari minggu
sebelumnya
3)
Kasus
temuan gizi buruk belum mendapatkan penanganan secara terpadu
4)
Cakupan
imunisasi campak belum mencapai target 90%, yaitu masih 75%.
5) Penemuan kasus TB masih rendah dengan jumlah temuan 1 kasus
positif dalam 1 bulan.
2. Langkah-langkah USG dan simulasi di
Microsoft excel
a.
Kepala
puskesmas menunjuk 7-10 orang peserta dalam proses penentuan prioritas masalah
dengan metode USG. Dalam contoh ini pesertanya terdiri dari
kepala puskesmas, koordinator UKM, koordinator UKP, pengelola program penyakit
penular, bidan koordinator.
b.
Setiap
peserta diberikan form USG sebagaimana contoh berikut.
Nama
|
||||||
Jabatan
|
||||||
Masalah
|
||||||
Peningkatan kasus diare
|
Peningkatan kasus DB Positif
|
Kasus gizi buruk masih belum tertangani
|
Cakupan imunisasi rendah
|
Penemuan kasus TB rendah
|
||
kriteria
|
Urgency
|
|||||
Seriousness
|
||||||
Growth
|
||||||
Jumlah
|
c.
Masing-masing
peserta memberikan penilaian terhadap masalah-masalah tersebut
d.
Petugas
yang telah ditentukan mengumpulkan dan mengisi dalam sheet form peserta dan
masalah seperti dibawah ini
1)
Mengisi
nama peserta USG
2)
Mengisi
masalah yang dibahas dalam proses USG
Jika anda berminat dengan microsoft excel berisikan formulasi penggunaan USG silahkan anda mengisi contact form dan kami akan mengirimkan kepada anda dengan gratis. Semoga bermanfaat.
7 comments
Click here for commentsSelamat siang, saya tertarik dgn excell utk menghitung USG ini. Bisakah saya mendapatkannya?
ReplyAssalamu'alaikum..
ReplySelamat malam, saya tertarik dengan excell untuk menghitung USG ini. Bisakah saya mendapatkannya?
Assalamu'alaikum..
ReplySelamat malam, saya tertarik dengan excell untuk menghitung USG ini. Bisakah saya mendapatkannya?
bisa mengisi contact dan akan kami kirimkan file excel untuk USG nya
Replyhttp://survepi.blogspot.com/p/contact-form.html
Saya mau belajar cara pemecahan masalah kesehatan dgn USH
ReplyBisa mengikuti langkah2 dalam materi di atas agan, dengan membuat kelompok kecil dan menentukan prioritas masalah melalui metode USG
ReplyBerikut link template excel untuk USG
Replyhttps://docs.google.com/spreadsheets/d/1k-p32TWOEGK9mS3N8hHh8wK6GZlsI1Vv/edit?usp=sharing&ouid=113036302277567900242&rtpof=true&sd=true
ConversionConversion EmoticonEmoticon