Lemak dan Hubungannya Dengan Penyakit Tidak Menular

Lemak adalah merupakan sumber nutrisi yang disimpan dalam tubuh dan berasal dari makanan yang dikonsumsi. Zat gizi ini menyumbangkan 60% dari total energi yang dibutuhkan pada saat beristirahat dan juga dibutuhkan pada saat beraktifitas.
Mengapa tubuh perlu lemak?

  • Sebagai sumber cadangan energi yang disimpan oleh tubuh
  • Sebagai media untuk transportasi vitamin A,D,E dan K
  • Membantu menekan rasa lapar dengan mekanisme memperlambat pengosongan pada lambung sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama
  • Dapat menambah cita rasa pada makanan
Lemak terdiri dari atas beberapa jenis yang juga memilki banyak fungsi penting bagi kesehatan tubuh, seperti kolesterol, trigliserida, Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (LDL).


Kolesterol adalah lemak yang terdapat dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.
Kolesterol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya, yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolesterol dibedakan menjadi LDL dan HDL.

LDL mengandung lebih banyak lemak daripada HDL sehingga akan mengambang di dalam darah. LDL dianggap sebagai lemak yang "jahat" karena dapat menyebabk
an penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah, terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak.
HDL dan LDL

HDL disebut sebagai lemak yang "baik" karena dalam operasinya akan membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati. HDL mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dan mempunyai kepadatan tinggi sehingga lebih berat.
Semakin tinggi HDL dan semakin rendah LDL akan memberikan efek yang baik.

konversi lemak ke energi
Bahan makanan sumber HDL tinggi : alpukat, minyak kelapa murni, ikan (salmon, makarel, tuna) dan kacang-kacangan (kacang merah, almond, kenari)
Bahan makanan sumber LDL tinggi : Susu dan produknya (mayonaise, krim, dll) daging dan jeroan, makanan olahan (sosis, ham, kornet, nuget, dll), makanan komersial (kue tart, cookies, donat, dll) dan makanan ringan (keripik kentang, dll)

Pengaruh Konsumsi Lemak Terhadap Penyakit Tidak Menular

Konsumsi lemak kurang maupun berlebih mempunyai dampak yang tidak baik untuk kesehatan.
Jika konsumsi lemak kurang, dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan penurunan imunitas terhadap penyakit.

Mengkonsumsi lemak jenuh di atas 10% energi total beresiko meningkatkan kadar LDL yang berperan membawa kolesterol ke pembuluh darah koroner. Akibatnya terjadi penyempitan pada pembuluh darah koroner (atherosclerosis) dan dalam keadaant tertentu akan menyebabkan serangan jantung dan stroke.


Previous
Next Post »