Takaran dan Cara Memasak Beras Merah

Di postingan sebelumnya kita telah membahas kandungan gizi dari beras merah. Di postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memasak beras merah sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja. Selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa beras merah akan terasa keras dan tidak enak ketika ditanak dan menjadi nasi. Mengenai cara mengkonsumsi beras merah pun banyak masyarakat yang belum mengerti informasinya secara benar dan lengkap.

Warna merah dari beras merah berasal dari kulit ari berasnya yang memang sengaja tidak dhilangkan pada waktu proses penggilingannya. Kulit ari dari beras sendiri merupakan suatu lapisan yang agak liat, sehingga jika kulit ari ini tidak pecah waktu dimasak, maka akan menghasilkan teksur nasi beras merah yang keras. Untuk mengatasi hal ini ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk memasak 100% beras merah, yaitu merendam dengan air selama 12 jam sebelum dimasak atau dengan menambahkan air lebih banyak dari biasanya. Yang paling efektif adalah dengan menambahkan air lebih banyak, karena proses pemanasan pada saat pemasakan akan menjadi lebih lama, sehingga akan memberikan kesempatan untuk dapat memecahkan kulit ari dari beras merah dan hasilnya adalah nasi merah dengan tekstur yang pulen.

Bagi sebagian besar masyarakat yang dari kecil kita selalu makan beras putih, ketika mereka disuruh mencoba makan beras merah akan muncul pertanyaan apakah beras ini akan seenak beras putih. Jawabannya pasti rasanya berbeda karena kadar kandungan gizi yang berbeda dengan beras putih. Bagi orang awam yang mencoba pertama kali pasti akan bilang rasanya hambar dan ada yang bilang teksturnya keras. Saya pun ketika pertama kali mencoba beras merah juga berperasangka demikian. 

Berikut adalah proporsi jumlah beras merah dan cara memasak beras merah dan yang mungkin bisa anda coba di rumah. 

1. Porsi 100% beras merah

Sudah kita bahas di postingan sebelumnya bahwa dengan mengkonsumsi beras merah maka kadar gula dalam darah kita bisa terkontrol. Pada penderita diabetes atau bagi orang dengan program diet untuk menurunkan berat badan maka dianjurkan untuk memakai atau memasak beras merah saja sebagai konsumsi pengganti beras putih.

2. Porsi campuran beras merah dan beras putih

Bagi keluarga yang ingin menjaga kesehatan atau bagi anda yang ingin mencoba rasa beras merah makan anda dapat memasak dengan mencampurnya dengan beras putih. Anjurannya adalah 1 ; 9, 1 untuk beras merah dan 9 untuk beras putih. Dengan mencampur, maka anda akan tetap dapat merasakan beras merah tanpa takut rasa hambar karena masih ada beras putih yang akan memberikan sedikit rasa manis di nasi anda.


Cara Memasak Beras Merah

  1. Ambil beras merah sesuai takaran anjuran di atas
  2. Campurkan beras merah dengan beras putih atau bisa beras merah saja
  3. Tambahkan air 1/4 > dari takaran biasa anda memasak
  4. Masak beras merah sesuai kebutuhan anda.
Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »