Seputar Kanker Pada Anak, Pencegahan dan Pengobatan Kanker

Apakah kanker itu?

Kanker merupakan kumpulan sel yang tidak dikelilingi kapsul. Hal ini memungkinkan sel-sel tersebut dapat menyebar ke organ-organ tubuh lainnya di luar organ yang terkena. Keadaan ini dapat membuat kenapa kanker itu disebut ganas.
Secara umum kanker terbagi atas dua kelompok besar yaitu :
  • berbentuk cair, disebut sebagai kanker darah (leukemia)
  • berbentuk padat, terlihat sebagai benjolan yang dapat terjadi pada semua organ tubuh manusia seperti tulang (kanker tulang), syaraf tepi (Neuroblastoma), jaringan kelenjar getah bening (limfoma maligna), bola mata (retinablastoma)
Guna memastikan apakah benjolan tersebut kanker atau bukan, harus dilakukan pengambilan jaringan tumor dan dilihat di bawah mikroskop oleh dokter spesialis patologi anatomi.

Dapatkah kanker anak dicegah?

Kanker pada anak berbeda dari kanker pada orang dewasa. Kanker pada orang dewasa dapat dicegah, sementara pada anak-anak tidak. Walaupun demikian, pola hidup dan makan makanan yang sehat harus tetap diajarkan sejak kanak-kanak agar anak-anak tersebut dapat terhindar dari berbagai jenis kanker yang timbul pada usia dewasa.

Apa yang dilakukan seandainya anak dicurigai terkena kanker?

Sebaiknya orang tua segera membawa ke puskesmas, rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Tujuannya adalah untuk menkonfirmasi apakah gejala yang dijumpai tersebut benar kanker atau bukan.

Di mana dapat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah seseorang anak terkena kanker atau tidak?

  • Puskesmas dan jajarannya.
  • Rumah sakit

Mengapa perlu mengenali gejala awal kanker pada anak?

Saat ini, lebih dari 50% kasus kanker pada anak yang datang ke fasilitas kesehatan sudah dalam keadaan stadium lanjut. Melalui pengenalan tanda dan gejala kanker pada anak, diharapkan kanker yang ditemukan masih dalam stadium awal. Kanker yang ditemukan pada stadium awal tentunya mempunyai kemungkinan untuk sembuh lebih besar dibandingkan jika ditemukan pada stadium lanjut.

Bagaimana pengobatan kanker?

Pengobatan kanker meliputi :
a. Operasi
Tujuan operasi adalah untuk mengangkat tumor. Merupakan salah satu bagian terpenting dari penanganan kasus tumor padat.
b. Kemoterapi
Pengobatan ini menggunakan obat anti kanker untuk membunuh sel-sel kanker. Dapat diberikan dengan cara ditelan atau disuntikkan langsung ke dalam pembuluh darah, otot, di bawah kulit, atau di ruang antara 2 tulang belakang.
c. Radioterapi
Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk merusak dan memusnahkan sel-sel kanker. Merupakan terapi lokal dengan menggunakan sinar berenergi tinggi yang diarahkan hanya ke bagian tubuh yang ada sel-sel kankernya. Sebelum dilakukan radioterapi, biasanya dokter akan memberi tanda pada tubuh anak sebagai fokus dari sinar yang akan dipancarkan.

Sumber : Buku Saku Pedoman Kanker Pada Anak Kementerian Kesehatan Indonesia
Previous
Next Post »