Cara Mudah Membasmi Nyamuk

Indonesia merupakan dataran tropis yang sangat cocok bagi nyamuk berkembang biak. Apalagi bila didukung dengan lingkungan sekitar rumah kita yang kotor, sudah pasti nyamuk akan berkeliaran di rumah kita. Nyamuk cukup mengganggu dan sangat berbahaya sebagai penyebar berbagai penyakit seperti demam berdarah dengue, malaria, dsb. Kita sering memakai obat nyamuk baik bakar maupun cair untuk membunuh nyamuk itu, tapi kadang kurang efisien dan menurut beberapa sumber apabila kita terpapar dalam waktu lama bisa mengganggu kesehatan kita.


Berikut ini salah satu cara MUDAH dan MURAH yang bisa dicoba selain selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah kita. Cocok untuk segala kondisi pemukiman, sekolah, rumah sakit, dll. Sangat KREATIF bila dikenalkan pada para siswa sekolah untuk dicoba di sekolah dan di rumah masing-masing.
Yang dibutuhkan :
– 200 ml air
– 50 gram gula merah
– 1 gram ragi (beli di toko makanan kesehatan, warung, atau pasar)
– botol plastik ukuran 1,5 liter
Langkah-langkah pembuatan:
Langkah 1: Potong botol plastik di tengah. Simpan bagian atas/mulut botol.
 
Langkah 2: Campur gula merah dengan air panas. Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol.

Langkah 3: Tambahkan ragi. Tidak perlu diaduk. Ini akan menghasilkan karbon-dioksida.

Langkah 4: Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong.

Langkah 5: Bungkus botol dengan sesuatu yang hitam, kecuali bagian atas, dan diletakkan di beberapa sudut rumah Anda.


Dalam dua minggu, Anda akan melihat jumlah nyamuk yang mati di dalam botol.

Nah ini penjelasan ilmiahnya:
Nyamuk sangat menyukai karbondioksida yg dihasilkan tubuh kita. Dengan membuat karbondioksida buatan, nyamuk akan menghampiri botol tersebut. Lalu nyamuk masuk kedalamnya lewat tutup atas dan terjebak di dalam botol sampai mati. 
Menurut ahli, nyamuk mempunyai sensor karbon dioksida sebagai sensor detektor keberadaan makhluk hidup yg masih aktif melakukan metabolisme. Masalah kenapa harus hitam, karena nyamuk senang di tempat gelap. Kuncinya setelah dimasukkan ragi jangan di aduk sehingga menghasikan karbondioksida sementara gula merah cuma sebagai reaktan saja.

Previous
Next Post »