MODISCO Untuk Balita Gizi Buruk

Setelah terjadinya krisis moneter yang berkepanjangan pada awal tahun 2000 an, angka gizi buruk di Indonesia semakin meningkat. Meskipun pihak pemerintah telah berusaha mengurangi angka gizi buruk ini dengan usaha antara lain membagikan susu dan bubur gratis untuk anak gizi buruk, tetapi hal ini masih belum juga mengatasi masalah gizi buruk yang terjadi di masyarakat Indonesia. 

Kendalanya antara lain karena selera makan anak yang kurang jadi meskipun sudah mendapatkan makanan dan orang tua sudah bersusah payah menyiapkan makanan dengan baik tetapi sang anak menolak untuk makan. Masalah ini sering dikeluhkan oleh terutama ibu-ibu di Indonesia. Penyebab anak tidak mau makan antara lain karena kurangnya pengetahuan ibu dalam membuat variasi makanan, anak tidak dibiasakan makan teratur, anak terbiasa jajan, banyak konsumsi MSG dan lain-lain.

Salah satu trik yang bisa digunakan untuk menanggulangi gizi buruk adalah dengan pemberian modisco bagi balita gizi buruk. Sebelumnya kita bahas dulu mengenai apak itu MODISCO? MODISCO adalah MODIFIED DIETETIC SKIM and COTTON SHEET OIL. Modisco yang banyak di gunakan di Indonesia merupakan modifikasi dari Modisco yang di gunakan di Uganda. Modifikasi dilakukan dengan pertimbangan ketersediaan bahan lokal, selera, daya cerna, kebutuhan kalori serta tingkat KEP sendiri.

Modisco dibagi menjadi 4 macam, yaitu Modisco ½ , I, II, dan III
Resepnya sebagai berikut :

MODISCO ½

Bahan :
  1. Susu Bubuk (Susu Full Cream/ Skim) :10 gr
  2. Gula pasir : 5 gr
  3. Minyak biji Kapas/kelapa/jagung/margarin : 2,3 gr
  4. Kalori : 80 kalori

Cara Membuat :
Susu Skim, gula dan minyak/margarine diaduk sampai rata, lalu ditambahkan dengan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga cairan larut. Disaring dan dimasukkan dalam gelas kemudian diminum dalam keadaan hangat

MODISCO I

Bahan :
  1. Susu Bubuk (Susu Full Cream/ Skim) :10 gr
  2. Gula pasir : 5 gr
  3. Minyak biji Kapas/kelapa/jagung/margarin : 4,6 gr
  4. Kalori : 100 kalori

Cara membuat : sama dengan modisco ½

MODISCO II

Bahan :
  1. Susu Bubuk (Susu Full Cream/ Skim) :10 gr
  2. Gula pasir : 5 gr
  3. Minyak biji Kapas/kelapa/jagung/margarin : 5,6 gr
  4. Kalori : 120 kalori

Cara membuat :
Susu skim, gula, dan ½ bagian air dingin diaduk sampai rata, lalu terus diaduk hingga cairan rata dan ditambahkan minyak/margarine dan ½ bagian air panas dan diaduk lagi sampai larut. Disaring dan dimasukkan dalam gelas, kemudian diminum dalam keadaan hangat.

MODISCO III

Bahan :
  1. Susu Bubuk (Susu Full Cream/ Skim) :12 gr
  2. Gula pasir : 7 gr
  3. Minyak biji Kapas/kelapa/jagung/margarin : 5,5 gr
  4. Kalori : 140 kalori

Cara membuat : sama dengan Modisco II


KETERANGAN :
Minyak , apabila di daerah tidak terdapat minyak kelapa, maka dapat diganti yang ada di daerah tersebut (minyak jagung, biji kapas, kacang dll). Jika tidak suka minyak dapat diganti dengan margarine.
Susu, apabila tidak suka susu full cream bias diganti susu skim, susu segar atau susu lain. Apabila pemberian Modisco menyebabkan diare, muntah, penyakit lain yang menyertai, maka hentikan pemberian Modisco tersebut.
Previous
Next Post »